Gambaran Umum Tokopedia
Tokopedia merupakan sebuah ensiklopedia
toko online yang ada di Indonesia. Sejarah tokopedia dibangun berawal dari
mimpi foundernya yang percaya dimana suatu saat akan berhasil menembus pasar
Indonesia diimbangi dengan kerja keras mereka.
Berawal dari Tugas
Kuliah, Kaskus menjadi Forum Online
Terbesar di Indonesia
Perjuangan dalam Sejarah Tokopedia
William Tanuwijaya selalu
menuliskan sejarah Tokopedia yang berisikan momen-momen spesial
Tokopedia. Diluncurkan dengan versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009
bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia didirikan oleh Leontinus
Alpha Edison (COO) dan, William Tanuwijaya (CEO) beserta dua orang sahabat
mereka. Mengutip dari blog yang ditulis oleh William Tanuwijaya, pada masa awal
berdirinya hanya didanai oleh investor tunggal yaitu VF. Mereka bekerja keras
membangun impian mereka pada sebuah ruko di lantai 3 Rukan Permata Senayan E7
Jakarta yang sekaligus menjadi kantor dari PT. Tokopedia. Pendirian PT.
Tokopedia resmi pada tanggal 6 Februari 2009.
Latar
Belakang Tokopedia
“The entrepreneur in us sees
opportunities everywhere we look, but many people see only problems everywhere
they look. The entrepreneur in us is more concerned with discriminating
between opportunities than he or she is with failing to see the opportunities”
– Michael Gerber
Seiring dengan berjalannya waktu selama
setahun dari Tokopedia didirikan, Tokopedia mendapat antusias dari berbagai
kalangan merchant dan customer. Pada awal bulan berdirinya Tokopedia berhasil menggandeng
509 merchants dengan 4560 members. Jumlah tersebut terus bertambah hingga pada
ulang tahun pertamanya pada tanggal 17 Agustus 2010 Tokopedia menggaet 4659
merchants dengan 44785 members. Suatu pencapaian yang luar biasa selama setahun
tersebut. Dari jumlah transaksi awal bulan berdirinya hanya Rp 33 juta melejit
hingga Rp 5,954 milyar pada ulang tahun pertama 17 Agustus 2010. Sekaligus pada
ulang tahun pertama Tokopedia, Tokopedia melepas tag beta version yang
mengindikasikan bahwa Tokopedia siap untuk melayani merchant dan customer yang
bertransaksi pada sistem mereka. Limit harga produk dinaikkan senilai Rp 25
juta yang sebelumnya hanya mencapai Rp 9,99 juta. Begitupun dengan limit
transaksi pada market place Tokopedia naik menjadi Rp 40 juta dari Rp 15 juta.
Setelah ulang tahun yang pertamanya,
perusahaan yang digawangi oleh 12 orang hebat ini terus melakukan improvisasi
pada fitur mereka, kecepatan akses serta terus memperbaiki layanan customer
care. Tokopedia juga menggandeng bank Mandiri dan bank BCA untuk memberikan
keamanan transaksi antara merchant dan customer. Pembayaran dapat dilakukan
dengan transfer ke salah satu rekening Tokopedia, Mandiri ClickPay, Mandiri
E-cash, dan BCA KlikPay.
Dari ulasan sejarah
Tokopedia dapat dipetik hikmah bahwa
“Kejar mimpimu dengan kerja keras dan doa
niscaya pasti ditunjukkan jalan untuk menggapainya.”
Spesifikasi Perancangan Website
Tokopedia
Dalam rangka memperingati 1 tahun
berdirinya sistem mikir (SMartsoft Studio), kami mengadakan program penawaran
"Paket Website Rakyat" kepada anda. Website Rakyat adalah website
dengan biaya rendah namun memiliki fitur dan kualitas layaknya website yang
eksklusif.
Hanya dengan biaya 500 ribu rupiah saja
Apa saja sih yang didapat dengan 500
ribu rupiah ?
1. Website
2. Alamat website (domain .com
atau .net)
3. Pilihan desain tema yang elegan
4. Web dengan kapasitas unlimited
5. Full access control website /
konten website dapat anda kelola sendiri
6. Gratis email domain, misal :
customer@webanda.com
7. Request warna dominan dan
backgorund website
8. Gratis desain logo
9. Fitur chatting dengan myliveapp
(chatting dari website langsung masuk di handphone)
10. Garansi anti hacker
11. Masa aktif satu tahun
Sistem pembayarannya pun juga
menggunakan Rekening bersama guna memberi rasa aman bagi penjual maupun
pembeli. Namun sedikit catatan, sistem rekening bersama yang dimiliki Tokopedia
benar-benar menjamin keamanan bertransaksi. Mereka juga
mengenal sistem 'saldo tokopedia', di mana apabila uang kita berlebih
dalam transaksi akan tersimpan sebagai saldo tokopedia. Saldo ini bisa
digunakan untuk transaksi selanjutnya.
1.
Statistik Transaksi Tokopedia
Menggunakan foto yang berbeda
Seringkali kita mencari produk tertentu
di tokopedia dengan melihat foto, namun foto pruduk tersebut sama dengan harga
yang berbeda beda jadi kalau ingin berjualan di tokopedia atau situs sejenisnya
, ada baiknya untuk menggunakan foto produk yang diambil sendiri sehingga harga
yang ditawarkan lebih menarik calon pembeli
Selalu buka toko lebih awal
Status keaktifan toko dinyatakan 1
minggu yang lalu atau 2 hari yang lalu akan membuat calon konsumen enggan
berbelanja di toko Anda . Beda halnya jika status keaktifan toko anda adalah
hari ini maka konsumen akan melirik meskipun harga yang anda tawarkan
cenderung mahal
3.
Konfirmasi dan diskusi produk dengan secepatnya
Untuk cepat dalam merespon pertanyaan
yang diajukan konsumen seperti fitur pesan atau diskusi produk. Kebanyakan
penjual tokopedia terkesan acuh, meski dikirim pesan atau diskusi produk tidak
dibalas. Meskipun harga barang-barangnya murah kalau penjualnya cuek siapa yang
mau belanja disitu ?
4.
Menghindari 3N (No Retur, No Cancel, No Compalin)
Produk yang dijual di tokopedia
ialah no retur, no cancel, no complain. Kesannya penjual itu tidak mau
bertanggung jawab apabila barang sudah sampai di tangan konsumen , tentu
konsumen tidak akan komplain jika tidak ada masalah barang yang ia beli . Anehnya,
rata-rata penjual di tokopedia menggunakan kata-kata diatas untuk menyangkal
keluhan konsumen sehingga konsumenlah yang dirugikan. Kalau anda berjualan ya
harus menerima keluhan atau masukan dari pembeli agar bisnis anda terus maju.
5.
Cantumkan Nomor HP pada Informasi Toko
Pihak tokopedia memang tidak mewajibkan
untuk memasang nomor ponsel secara terbuka yang bisa dilihat publik. Namun, ada
baiknya memasang nomor ponsel untuk informasi sejelasnya agar pembeli bisa
menghubungi kapan saja tanpa harus menggunakan fitur yang disediakan situs yang
kurang efisien .
Aktifkan notifikasi e_mail
Fitur notifikasi e_mail pada ponsel
pintar diktifkan supaya mendapatkan pemberitahuan dari tokopedia entah
penjualan, atau ada pesan baru, ada diskusi produk terbaru sehingga
anda bisa cepat membalas . Sekarang tokopedia sudah menyediakan aplikasi
sehingga tidak ada alasan bagi pembeli untuk telat membalas pesan atau diskusi
produk .
Jangan Perang Harga
Apabila pembeli melihat suatu produk
misalnya Arloji dengan harga paling murahnya di tokopedia sebesar 40.000 rupiah
maka jangan sekali-kali menurunkan harga produk tersebut ke level terendah
misalnya 38.000 atau 30.000 rupiah . Memang , pembeli berpikiran bahwa dengan
mendirikan harga murah akan terjadi penjualan dalam jumlah banyak namun itu
hanya sesaat. Berjualan bukanlah sekali atau dua kali, namun terus menerus dan
cara mendatangkan pembeli melalui banting-bantingan harga merupakan cara
yang salah.
Prospek
Prospek dari situs jual beli ini sangat
bagus bahkan sangat menjanjikan, bahkan perusahaan penanaman modal dari Korea
Selatan berani menanamkan modalnya untuk mengembangkan situs jual beli yang
satu ini. Tidak tanggung-tanggung, besar dana yang digelontorkan adalah Rp 1,3
triliun. Jumlah yang sangat fantastis.
Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya
iklan-iklan Tokopedia di stasiun TV. Bahkan mereka menggaet salah satu artis
film kenamaan (Chelsea Islan (pemeran tokoh Merry Riana dalam film "Merry
Riana")) sebagai icon dari situs ini. Bisa dibayangkan besarnya dana yang
mereka gunakan demi menggaet bintang film tersebut. Dan hal itu tak lepas dari
rasa kepercayaan pihak pemodal kepada mereka. Mereka percaya akan kinerja dan
prospek Tokopedia ke depannya sehingga pihak pemodal berani menggelontorkan dana
yang tidak sedikit.
Kesimpulan
Pada tanggal 17 Agustus
2009 bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia
Tokopedia didirikan oleh Leontinus Alpha Edison (COO) dan, William Tanuwijaya
(CEO) beserta dua orang sahabat mereka, dan berhasil menggandeng 509 merchants
dengan 4.560 members. Dari jumlah tersebut terus bertambah hingga pada ulang
tahun pertamanya pada tanggal 17 Agustus 2010 Tokopedia menggaet 4.659
merchants dengan 44.785 members. Filosofi nama Tokopedia adalah gabungan kata
dan arti dari toko dan ensiklopedia. Diharapkan, toko – toko online yang berada
di dalam website bisnis yang dikelolanya bisa menjadi ensikolopedia bagi
siapapun yang mengunjungi website tersebut.
Saran
Saran dari Ualasan
sejarah Tokopedia adalah “Kejar mimpimu dengan kerja keras dan doa niscaya
pasti ditunjukkan jalan untuk menggapainya.”
Kesimpulan dari saya,
seperti yang di gambarkan pada ulasan
sejarah tokopedia yaitu :
Bekerja keras dan selalu berdoa maka
akan ditunjukkan jalan untuk menggapai tujuan yang direncanakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar