Kamis, 18 Juni 2015

Tugas E_Comerce Gambaran Umum Toko Pedia

Gambaran Umum Tokopedia
Tokopedia merupakan sebuah ensiklopedia toko online yang ada di Indonesia. Sejarah tokopedia dibangun berawal dari mimpi foundernya yang percaya dimana suatu saat akan berhasil menembus pasar Indonesia diimbangi dengan kerja keras mereka.
Berawal dari Tugas  Kuliah,  Kaskus menjadi  Forum  Online  Terbesar  di Indonesia
Perjuangan dalam Sejarah Tokopedia
William Tanuwijaya selalu menuliskan sejarah Tokopedia yang berisikan momen-momen spesial Tokopedia. Diluncurkan dengan versi beta pada tanggal 17 Agustus 2009 bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia didirikan oleh Leontinus Alpha Edison (COO) dan, William Tanuwijaya (CEO) beserta dua orang sahabat mereka. Mengutip dari blog yang ditulis oleh William Tanuwijaya, pada masa awal berdirinya hanya didanai oleh investor tunggal yaitu VF. Mereka bekerja keras membangun impian mereka pada sebuah ruko di lantai 3 Rukan Permata Senayan E7 Jakarta yang sekaligus menjadi kantor dari PT. Tokopedia. Pendirian  PT. Tokopedia  resmi pada tanggal  6  Februari 2009.

Latar Belakang Tokopedia 
“The entrepreneur in us sees opportunities everywhere we look, but many people see only problems everywhere they  look. The entrepreneur in us is more concerned with discriminating between opportunities than he or she is with failing to see the opportunities” – Michael Gerber
Seiring dengan berjalannya waktu selama setahun dari Tokopedia didirikan, Tokopedia mendapat antusias dari berbagai kalangan merchant dan customer. Pada awal bulan berdirinya Tokopedia berhasil menggandeng 509 merchants dengan 4560 members. Jumlah tersebut terus bertambah hingga pada ulang tahun pertamanya pada tanggal 17 Agustus 2010 Tokopedia menggaet 4659 merchants dengan 44785 members. Suatu pencapaian yang luar biasa selama setahun tersebut. Dari jumlah transaksi awal bulan berdirinya hanya Rp 33 juta melejit hingga Rp 5,954 milyar pada ulang tahun pertama 17 Agustus 2010. Sekaligus pada ulang tahun pertama Tokopedia, Tokopedia melepas tag beta version yang mengindikasikan bahwa Tokopedia siap untuk melayani merchant dan customer yang bertransaksi pada sistem mereka. Limit harga produk dinaikkan senilai Rp 25 juta yang sebelumnya hanya mencapai Rp 9,99 juta. Begitupun dengan limit transaksi pada market place Tokopedia naik menjadi Rp 40 juta dari Rp 15 juta.
Setelah ulang tahun yang pertamanya, perusahaan yang digawangi oleh 12 orang hebat ini terus melakukan improvisasi pada fitur mereka, kecepatan akses serta terus memperbaiki layanan customer care. Tokopedia juga menggandeng bank Mandiri dan bank BCA untuk memberikan keamanan transaksi antara merchant dan customer. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer ke salah satu rekening Tokopedia, Mandiri ClickPay, Mandiri E-cash, dan BCA KlikPay.
Dari ulasan sejarah Tokopedia dapat dipetik hikmah bahwa
 “Kejar mimpimu dengan kerja keras dan doa niscaya pasti ditunjukkan jalan untuk menggapainya.”
Spesifikasi Perancangan Website Tokopedia
Dalam rangka memperingati 1 tahun berdirinya sistem mikir (SMartsoft Studio), kami mengadakan program penawaran "Paket Website Rakyat" kepada anda. Website Rakyat adalah website dengan biaya rendah namun memiliki fitur dan kualitas layaknya website yang eksklusif. 
Hanya dengan biaya 500 ribu rupiah saja
Apa saja sih yang didapat dengan 500 ribu rupiah ?
1.  Website
2.  Alamat website (domain .com atau .net)
3.  Pilihan desain tema yang elegan
4.  Web dengan kapasitas unlimited
5.  Full access control website / konten website dapat anda kelola sendiri
6.  Gratis email domain, misal : customer@webanda.com
7.  Request warna dominan dan backgorund website
8.  Gratis desain logo
9.  Fitur chatting dengan myliveapp (chatting dari website langsung masuk di handphone)
10.  Garansi anti hacker
11.  Masa aktif satu tahun
Sistem pembayarannya pun juga menggunakan Rekening bersama guna memberi rasa aman bagi penjual maupun pembeli. Namun sedikit catatan, sistem rekening bersama yang dimiliki Tokopedia benar-benar  menjamin  keamanan bertransaksi.  Mereka juga mengenal sistem 'saldo tokopedia', di mana apabila uang  kita berlebih dalam transaksi  akan tersimpan sebagai saldo tokopedia. Saldo ini bisa digunakan untuk transaksi selanjutnya.
 1. Statistik  Transaksi Tokopedia
Menggunakan foto yang berbeda
Seringkali kita mencari produk tertentu di tokopedia dengan melihat foto, namun foto pruduk tersebut sama dengan harga yang berbeda beda jadi kalau ingin berjualan di tokopedia atau situs sejenisnya , ada baiknya untuk menggunakan foto produk yang diambil sendiri sehingga harga yang ditawarkan lebih menarik calon pembeli
Selalu buka toko lebih awal
Status keaktifan toko dinyatakan 1 minggu yang lalu atau 2 hari yang lalu akan membuat calon konsumen enggan berbelanja di toko Anda . Beda halnya jika status keaktifan toko anda adalah hari ini maka konsumen akan melirik meskipun harga yang anda tawarkan cenderung  mahal
3.  Konfirmasi dan diskusi produk dengan secepatnya
Untuk cepat dalam merespon pertanyaan yang diajukan konsumen seperti fitur pesan atau diskusi produk. Kebanyakan penjual tokopedia terkesan acuh, meski dikirim pesan atau diskusi produk tidak dibalas. Meskipun harga barang-barangnya murah kalau penjualnya cuek siapa yang mau belanja disitu ?
4. Menghindari  3N (No Retur, No Cancel, No Compalin)
Produk yang dijual di tokopedia ialah  no retur, no cancel, no complain. Kesannya penjual itu tidak mau bertanggung jawab apabila barang sudah sampai di tangan konsumen , tentu konsumen tidak akan komplain jika tidak ada masalah barang yang ia beli . Anehnya, rata-rata penjual di tokopedia menggunakan kata-kata diatas untuk menyangkal keluhan konsumen sehingga konsumenlah yang dirugikan. Kalau anda berjualan ya harus menerima keluhan atau masukan dari pembeli agar bisnis anda terus maju.

5.  Cantumkan Nomor HP pada Informasi Toko
Pihak tokopedia memang tidak mewajibkan untuk memasang nomor ponsel secara terbuka yang bisa dilihat publik. Namun, ada baiknya memasang nomor ponsel untuk informasi sejelasnya agar pembeli bisa menghubungi kapan saja tanpa harus menggunakan fitur yang disediakan situs yang kurang efisien .
Aktifkan notifikasi  e_mail
Fitur notifikasi e_mail pada ponsel pintar diktifkan supaya  mendapatkan pemberitahuan dari tokopedia entah penjualan,  atau ada pesan  baru, ada diskusi produk terbaru sehingga anda bisa cepat membalas . Sekarang tokopedia sudah menyediakan aplikasi sehingga tidak ada alasan bagi pembeli untuk telat membalas pesan atau diskusi produk .
Jangan Perang Harga
Apabila pembeli melihat suatu produk misalnya Arloji dengan harga paling murahnya di tokopedia sebesar 40.000 rupiah maka jangan sekali-kali menurunkan harga produk tersebut ke level terendah misalnya 38.000 atau 30.000 rupiah . Memang , pembeli berpikiran bahwa dengan mendirikan harga murah akan terjadi penjualan dalam jumlah banyak namun itu hanya sesaat. Berjualan bukanlah sekali atau dua kali, namun terus menerus dan cara mendatangkan pembeli melalui banting-bantingan harga merupakan cara yang  salah.
Prospek
Prospek dari situs jual beli ini sangat bagus bahkan sangat menjanjikan, bahkan perusahaan penanaman modal dari Korea Selatan berani menanamkan modalnya untuk mengembangkan situs jual beli yang satu ini. Tidak tanggung-tanggung, besar dana yang digelontorkan adalah Rp 1,3 triliun. Jumlah yang sangat fantastis.
Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya iklan-iklan Tokopedia di stasiun TV. Bahkan mereka menggaet salah satu artis film kenamaan (Chelsea Islan (pemeran tokoh Merry Riana dalam film "Merry Riana")) sebagai icon dari situs ini. Bisa dibayangkan besarnya dana yang mereka gunakan demi menggaet bintang film tersebut. Dan hal itu tak lepas dari rasa kepercayaan pihak pemodal kepada mereka. Mereka percaya akan kinerja dan prospek Tokopedia ke depannya sehingga pihak pemodal berani menggelontorkan dana yang tidak sedikit.
Kesimpulan 
Pada tanggal 17 Agustus 2009 bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Tokopedia didirikan oleh Leontinus Alpha Edison (COO) dan, William Tanuwijaya (CEO) beserta dua orang sahabat mereka, dan berhasil menggandeng 509 merchants dengan 4.560 members. Dari jumlah tersebut terus bertambah hingga pada ulang tahun pertamanya pada tanggal 17 Agustus 2010 Tokopedia menggaet 4.659 merchants dengan 44.785 members. Filosofi nama Tokopedia adalah gabungan kata dan arti dari toko dan ensiklopedia. Diharapkan, toko – toko online yang berada di dalam website bisnis yang dikelolanya bisa menjadi ensikolopedia bagi siapapun yang mengunjungi website tersebut. 
Saran
Saran dari Ualasan sejarah Tokopedia adalah “Kejar mimpimu dengan kerja keras dan doa niscaya pasti ditunjukkan jalan untuk menggapainya.”
 Kesimpulan dari saya,
seperti yang di gambarkan pada ulasan sejarah tokopedia yaitu :
Bekerja keras dan selalu berdoa maka akan ditunjukkan jalan untuk menggapai tujuan yang direncanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar