Senin, 31 Oktober 2022

BAAN MAFET MAMONET “JANJI ADAT”

 

BAAN MAFET MAMONET

“JANJI ADAT”

Transkripsi

Terjemahan

Nuakit tabu i

Kami berdua saat ini

Tok bale teta

Duduk di tempat sendiri

Tok ume teta

Duduk dirumah sendiri

Natuin hai nuakai

Karena kami berdua bersama-sama

Bae feto bae mone hai lomit

Keinginan perempuan dan laki-laki dengan keponakan

Es nane maminai hai monit

Karena itu carilah hidupMu

Atoni ho lene nanes

Laki-laki, kebunMu berisi

Ho tua, namak

NiraMu berisi

Hai anfeto ho mepu tenu muhin

Anak perempuan kita, pintar menenun

Lunat namas

Menganyam bagus

Mes au ok au bae

Nanti saya dengan nyadu

Hai mi ekum fani

Kami bertemu kembali

Alkai malin okoke

Kami bersenang-senang

 

PENJELASAN

            Tuturan  ritual  Baan  Mah  Fet  Mah  Monet  terdiri  dari  tiga  matra, larik  I dan  matra  I  dimulai  dengan  frasa  nomina  nua  kit  ‘ kamu  berdua’  yang  bergayut  dengan  frasa  adverbia  waktu  tabu  i  “saat  ini”.

            Nua  kit  tabu  i.

            Dua  kamu  saat  ini.

            “Kamu  berdua,  saat  ini”.

            Larik  I  matra  I  ini  kemudian  diikuti  oleh  bentuk  pararelisme  pada  larik  II  dan  larik  II matra  I, sebagaimana  data  di  bawah  ini.

           

Tok  bale  teta .

            Duduk  tempat  sendiri.

            “Duduk  di  tempat  sendiri”.

            Tok  ume  teta.

            Duduk  rumah  sendiri .

            “Duduk  di  rumah  sendiri”.

            Dari  larik  I  matra  I  tok  bale  teta “duduk  tempat  sendiri”, “tok  ume  teta”  duduk  rumah  sendiri . Konsep  ini  menjelaskan  bahwa  perkawinan  dipersepsikan  sebagai  jalinan  hubungan  yang  sacral  tetapi  juga  sebagai  kebersamaan  seorang  laki-laki  dan  seorang  wanita  untuk  menata  kehidupan  yang  baik.  Dalam  hal  ini  konsep, konsep  tok  bale  teta  dan  tok  ume  teta  berhubungan  dengan  konsep  monit  naleko “hidup  baik”.  

            Larik  selanjutnya  yaitu  larik  IV matra  I memiliki  hubungan  dengan  larik  V matra  I,  di mana  larik  IV jelaskan  oleh  larik  V, larik-larik  tersebut   terlihat  pada  tuturan  di  bawah  ini:

            Natuin  hai  nua  kai.

            Karena  kita,  dua  kita.

            “Karena  kita  berdua  bersama-sama”.

            Bae  feto  ma bae  mone  hai  lomit.

            Keponakan  perempuan   keponakan  laki-laki   kita  yang  mau.

            “Keinginan  keponakan  perempuan  dan  keponakan  laki-laki”.

            Larik  di  atas  dapat  menjelaskan  bahwa  bae  feto “ keponakan  perempuan”  dan  bae  mone  ‘keponakan  laki-laki ‘  adalah  keinginan  mereka  berdua  untuk  menjalani  hidup  mereka  disaat  suka  maupun  duka.  Dalam  hal  ini  paman  dari  pihak  laki-laki  tidak  menyatakan  secara  langsung  dengan  kedua  pasangan  ini, atau  keluarga  baru  ini,  tetap  dengan  keponakan  laki-laki  dan  keponakan  perempuan . Maka  dari  situ,  menyatulah  kedua  kelompok  keluarga  tersebut.

            Bagian  selanjutnya,  larik I matra  II,  ditandai  dengan  konsep  maminai  himonit  “carilah  hidupmu” .  Dan  konsep  ini  juga  berhubungan  dengan  konsep  tok  bale  teta  “duduk  tempat  sendiri” “tok  ume  teta”  duduk  rumah  sendiri’  dan  lomin  ‘ kemauan’ .  larik  I matra  II  dapat  dilihat  pada   tuturan  ritual  di  bawah  ini: 

            Esnane  maminai  himonit .

            Karena  itu  cari  kamu  hidupMu .

                        Dari  larik  di  atas  maminai  himonit ‘ carilah  hidupmu ‘ ini  menjelaskan  bahwa  bekerja  keras, tidak  menipu,  mencuri  dan  melakukan  pekerjaan  yang  berhubungan  dengan  hokum  kemasyarakatan. Hasil  kebun  yang  melimpah  juga  diperoleh  dari  nilai  religiutas  dari  masing-masing  individu.

            Atoni  ho  lene  nanes.

            Laki-laki  kau  kebun  bagus.

            “Laki-laki, kebunmu  berisi”.

            Ho  tua  nanes.

            Kau  nira  berisi .

            “Niramu  berisi”.

            Hai anfeto hom mepu   tenu  muhin.

            Kami  anak  perempuan   kau  kerja     tenun  pintar.

            “Anak  perempuan  kita,  pintar  menenun” .

            Lunat  namas.

            Anyam  bagus.

            ‘ Menganyam  bagus’ .

            Secara  paradigmatic, konsep  maminai  himonit ‘ carilah  hidupmu’  dapat  memiliki  empat  bagian  yang  sangat  penting  dalam  sebuah  keluarga  yaitu (1).  Lene  namas ‘ kebun  bagus’ ,  (2). Tua  nanes  ‘ nira  berisi ‘ ,  (3). Mepu  tenu  muhin ‘ kerja  tenun  pintar ‘ dan  (4). Lunat  namas ‘ anyam  bagus ‘.

            Bagian  selanjutnya,  yaitu  matra  III  secara  keseluruhan  dapat  dilihat pada  data  di  bawah  ini:

            Mes  au ok  au  bae.

            Nanti  saya  dengan saya  keponakan.

            “Nanti  saya  dengan keponakan  saya”.

            Alkai  malin ok  oke.

            Semua  kami   senang   bersama-sama.

            “kami  bersenang-senang  bersama-sama” .

            Matra  III  tuturan  ritual, Baan  mafet  Mamonet  terpusat  pada  larik  I,  yaitu  pada  bentuk  lingual  au ‘ saya ‘.  Penandaan  sikap  dan  perilaku  terdapat  pada  bentuk  lingual  miekum  fani ‘ bertemu  kembali “yang  secara  paradigmatic  bergayut  dengan  bentuk  lingual  malin  okoke ”bersenang-senang”.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar